Daftar Usaha Menjanjikan Akibat Pelemahan Rupiah

Spread the love

Nilai mata uang rupiah yang tidak stabil bahkan sering mengalami pelemahan telah membuat sebagian besar masyarakat merasa khawatir. Keadaan ini memang sangat merugikan untuk perekonomian Indonesia. Tidak heran jika pada akhirnya ada banyak orang yang takut untuk melakukan usaha bisnis akibat kondisi tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis sektor bisnis dirugikan. Ada beberapa daftar usaha yang justru menjanjikan untuk dilakukan saat terjadi pelemahan rupiah.

7 Usaha Berpeluang Besar Saat Nilai Rupiah Lemah

Pelemahan dari mata uang rupiah memang menjadi momok yang menakutkan untuk perekonomian Kita. Namun, dibalik sebuah peristiwa tentunya ada sebuah hikmah. Anda harus pintar-pintar dalam mengambil peluang yang ada. Berikut merupakan daftar 7 usaha yang memiliki peluang besar untuk dilakukan saat terjadi pelemahan mata uang rupiah. Anda bisa mempertimbangkan salah satunya untuk dijadikan sumber mata pencaharian keuangan yang dimiliki.

  • Tour guide

Posisi pertama sebagai usaha yang dipandang mengalami keuntungan sebab terjadinya pelemahan rupiah adalah seorang pemandu wisata. Hal tersebut bisa dilogika sebab rendahnya nilai rupiah tentu akan menjadi daya tarik para wisatawan internasional. Mereka akan berbondong-bondong mendatangi berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia karena dianggap murah. Dampaknya tentu akan banyak dibutuhkan jasa tour guide. Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing baik serta memiliki pengalaman sebagai seorang pemandu wisata bisa mendaftarkan diri. Bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan banyak job, sehingga pemasukan untuk keuangan akan mengalami peningkatan.

  • Eksportir ikan

Jika terjadi pelemahan mata uang rupiah, maka pihak yang sebenarnya banyak diuntungkan adalah para pelaku ekspor. Logikanya jika rupiah lemah, maka harga ikan yang ada di luar negeri tentu akan menjadi lebih murah. Apabila terjadi demikian, maka akan ada peningkatan permintaan dari luar negeri untuk ikan yang diekspor. Jika rupiah memiliki nilai yang tinggi permintaan ikan justru tidak sebanyak saat terjadi pelemahan. Selain dari segi jumlah, dari segi selisih harga juga bisa mereka manfaatkan. Seperti yang diketahui Indonesia merupakan salah negara eksportir ikan terbesar yang ada. Pasar dari ikan asal Indonesia sudah sangat luas ke berbagai negara. Jenis ikan yang diekspor ini bisa berbentuk segar, kaleng maupun beku.

  • Eksportir ikan hias

Masih dari dunia eksportir hasil perikanan, maka salah satu jenis usaha menguntungkan yang memiliki prospek baik jika terjadi pelemahan rupiah adalah eksportir ikan hias. Indonesia merupakan negara bahari yang memiliki jutaan jenis ikan hias tersebar di berbagai wilayah laut. Beberapa negara yang kerap kali dijadikan tujuan sebagai destinasi ekspor ikan hias, yaitu Inggris, Australia, Amerika Serikat, Jepang dan juga Hongkong. Ikan hias yang diekspor ini bahkan tidak hanya yang berasal dari laut saja. Ikan hias jenis air tawar juga terkena dampaknya. Jika Anda merupakan salah satu pecinta ikan hias, maka usaha ini bisa dijadikan peluang yang baik.

  • Eksportir olahan ikan

Tidak hanya ikan segar saja yang diekspor ke luar negeri, ada beberapa produk olahan juga yang banyak diekspor. Produk olahan tentunya membutuhkan modal yang lebih besar daripada yang masih segar. Demikian pula keuntungan yang akan diperoleh lebih besar. Adapun beberapa jenis olahan ikan yang banyak dijual di market internasional, yaitu ikan asin, ikan kering, terasi, petis dan masih banyak yang lain. Kualitas yang baik ditunjang dengan harga yang kompetitif membuat pasar produk olahan cukup besar.

  • Eksportir perhiasan

Dunia laut memang masih menjadi sektor eksportir terbesar dari Indonesia. Salah satunya adalah perhiasan yang berasal dari laut, yaitu mutiara. Salah satu jenis perhiasan dengan harga yang tinggi ini memiliki cukup banyak penggemar. Tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga di luar negeri. Keindahan yang dihadirkan dari perhiasan mutiara menjadikannya memiliki nilai yang tinggi. Ketika terjadi pelemahan rupiah, maka order dari perhiasan ini juga akan mengalami peningkatan.

  • Eksportir pernak-pernik laut

Selain mutiara, masih ada salah satu jenis hasil laut yang memiliki banyak penggemar di luar negeri. Pernak-pernik dari produk laut seperti cangkang kerang, pasir, atau karang kecil juga tidak kalah eksis. Anda yang ingin menekuni bidang ekspor pernak-pernik hasil laut sebaiknya memiliki kreativitas yang tinggi. Produk tersebut tentunya tidak akan dijual secara mentah. Untuk meningkatkan nilai jual yang dimiliki, maka produk tersebut perlu dilakukan pengolahan. Anda bisa membuat sebuah suvenir yang cantik terbuat dari produk-produk tersebut untuk menarik hati customer.

  • Eksportir hasil pertanian serta perkebunan

Jika Anda hidup jauh dari laut, maka menekuni eksportir dari produk hasil pertanian dan perkebunan sangat terbuka lebar. Hasil pertanian seperti padi, kacang hijau, jagung, kedelai, hingga jenis buah-buahan tropis bisa diekspor ke market internasional. Sementara adapun hasil dari sektor perkebunan yang banyak diminati adalah kelapa sawit, kopi, karet, teh, hingga berbagai jenis rempah-rempah yang bervariasi. Semua hasil panen tersebut berpeluang sangat besar untuk menghasilkan banyak uang. Tidak heran jika para pelaku eksportir yang ada saat ini memiliki kekayaan yang tidak tanggung-tanggung.

Manfaat Menjalankan Usaha Ekspor

Menjalankan sebuah bisnis atau usaha eksportir bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki relasi yang baik serta modal yang cukup. Untuk memulainya tentu tidak semudah ketika melakukan bisnis di negeri sendiri. Namun, jika sudah sukses akan banyak keuntungan yang diperoleh. Terutama jika terjadi pelemahan rupiah. Pahami dengan baik bagaimana sistem ekspor yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan untuk menjamin kesuksesan usaha Anda.